Bboy

Blog Gua Lebih Asik Dari Pada Blog Tetangga.

hehe maklumin Kalau Blog Ini aku Buat Tema Break dance karena Gua ndiri anak Break dance


Download Youtube

Download youtube Video

Sabtu, 23 Februari 2013

Panduan Lengkap Cara Mengetik 10 Jari By Bboy Andika

Tips belajar mengetik 10 jari

OK. Jadi bagaimana caranya agar bisa mengetik 10 jari? Dalam satu minggu? Ada dua hal yang saya lakukan, yaitu:

1. Tidak melihat keyboard

Saya berjanji pada diri sendiri, untuk tidak melihat keyboard saat mengetik. Proses menghafal letak tombol saya lakukan ketika masih mengetik 11 jari (telunjuk-telunjuk). :D Setiap saya salah tekan tombol, saya mencari sendiri tombol backspace nya. Ini juga saya lakukan tanpa melihat keyboard.
Namun untuk Anda yang baru belajar mengetik dan ingin langsung belajar 10 jari, sebaiknya melihat tombol keyboard dulu agar hafal letak-letaknya. Setiap kali lupa letaknya, lihat sebentar dan tinggalkan lagi.

2. Tidak tergesa-gesa

Karena saya belum terbiasa mengetik 10 jari, saya melakukannya pelan-pelan. Yang penting saya menekan tombol yang benar. Seperti yang diungkapkan oleh typing-lessongs.org.
Slower is faster. Speed comes from certainty. The more you type things correctly, no matter how slow it has to be, the more certain you will be, and the faster you will become a proficient typist. Increase speed only when you feel sure enough to do so.
Kecepatan mengetik akan meningkat dengan sendirinya jika sudah ingat betul tata letak tombol dan sudah terbiasa.
Saya melakukan dua hal tersebut tiap harinya. Dan tidak pernah melanggarnya. Tiap harinya, kira-kira 1-2 jam yang saya habiskan untuk mengetik dokumen-dokumen. Hasilnya dalam satu minggu saya bisa mengetik 10 jari.

Pembagian tombol keyboard

Karena belum punya koneksi internet, dulu saya belajar sendiri tanpa panduan pembagian tombol keyboard. Saya hanya bermodal perasaan nyaman. Untuk menekan tombol tertentu, saya merasakan mana jari yang paling nyaman.
Itu saya dulu. :D Sekarang internet sudah gampang diakses. Berikut diagram pembagian tombol keyboardnya.
cara mengetik 10 jari
Keterangan: garis biru adalah batas antara tangan kiri dan kanan.

Latihan mengetik 10 jari

Berbagai latihan yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetikkan huruf-huruf berikut ini berulang-ulang (ada yang merekomendasikan 20x):
  • asdfg hjkl;
  • qwert yuiop
  • zxcvb nm,./
  • 12345 67890
Ini bagus jika Anda punya waktu khusus untuk latihan mengetik 10 jari. Namun jika tidak punya waktu, menurut saya lebih baik Anda praktek langsung pada dokumen yang sedang Anda ketik. Kalau begitu butuh waktu lama? Memang. Hal ini karena kecepatan mengetik akan turun drastis. Untuk mengatasinya, sederhana saja, mulailah pekerjaan Anda lebih awal atau sediakan waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan.
Sepertinya repot bukan? Memang demikian awalnya. Namun percayalah, jika hampir tiap hari Anda melakukannya, pasti akan terbiasa dan kecepatan mengetik Anda akan jauh lebih cepat dari sebelumnya. Produktivitas Anda pun meningkat.

Latihan mengetik sambil bermain

Jika punya waktu untuk bermain game, mungkin selama belajar mengetik 10 jari, sebaiknya Anda beralih ke game latihan mengetik. Ini lebih baik daripada main game yang tidak menghasilkan ilmu.
Favorit saya sendiri adalah website 10fastfingers.com. Di website ini Anda bisa mengukur kecepatan mengetik Anda. Kecepatan mengetik Anda pun dapat dibandingkan dengan milik orang lain. Tentu saja ini dapat menjadi motivasi tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar